You are here

ANALISA RISIKO RENCANA PEMBANGUNAN WADUK BANYU URIP UNTUK PENAMPUNGAN AIR DENGAN SISTEM HYBRID

HERTA NOVIANTO
Program Studi Teknik Sipil Universitas Bojonegoro

Abstrak

Dalam setiap perencanaan proyek konstruksi, selain aspek fisik, aspek non-fisik seperti halnya aspek lingkungan juga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan, terutama dalam hal perencanaan proyek konstruksi yang berhubungan langsung denganalam, sepertihalnya rencana proyek pengunaan sumber daya air dengan sistem hybrid di kawasan Banyu Urip – Bojonegoro, yang mana proyek tersebut sedikit banyak pasti memberikan dampak dan risiko terhadap ligkungan sekitar.
Adapun maksud dalam penelitian ini adalah melakukan kajian manajemen risiko terhadap rencana proyek penggunaan sumber daya air berdasarkan perspektif stakeholders, yaitu masyarakat, DPRD Bojnegoro, Instansi Pemerintahan dan InstansiTeknik Pemerintah. Dengan tujuan mengidentifikasi risiko, menganalisa risiko serta mengetahui respon risiko yang mungkin ditimbulkan oleh rencana proyek tersebut berdasarkan perspektif stakeholders.
Identifikasi awal dilakukan dengan studi literatur, yang mana hasil tersebut digunakan acuan interview dan diskusi dengan stakeholders terkait, sehingga didapatkan hasil identifikasi jenis – jenis kategori risiko yang mungkin terjadi dalam rencana proyek berdasarkan perspektif stakeholders adalah risiko lingkungan sosial, risiko ekonomi, risiko manajemen dan risiko politik.
Dari hasil analisa risiko dengan metode analisis manajemen risiko yang dilakukan, dapat diketahui bahwa risiko tertinggi yang mungkin terjadi dalam rencana pembangunan waduk adalah risiko ekonomi.Dan dapat diketahui bahwa respon risiko yang muncul dalam rencana sistem hybrid mayoritas berada di area avoidance.

Kata kunci: waduk, hybrid, manajemenrisiko, ekonomi.

Documents: 

User login