You are here

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG VARIETAS BISI-2 Studi Kasus di Desa Bogorejo, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Propinsi Jawa Tengah Tahun 2017

David Isna Mahendra 1), Ir. Darsan,M.Agr.2), Nono Haribudiyanto, SP 2)
1 Agribisnis, Pertanian, Universitas Bojonegoro
email:david_isna@gmail.com
2Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Bojonegoro
email:darsan@gmail.com
2 Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Bojonegoro
email:nonohrdibudiyanto@gmail.com

Abstrak

Pembangunan Pertanian di Desa Bogorejo Kabupaten Blora masih tergolong sederhana hal tersebut mengakibatkan hasil produksi belum sesuai dengan perkiraan masih belum digunakannya mesin pertanian menjadi salah satu indikator masih sederhanya usahatani di Desa Bogorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata biaya total yang dikeluarkan petani adalah sebesar Rp. 5.882.800 /Ha. Yang terdiri dari biaya tetap sebesar Rp. 130.100 /Ha dan biaya variabel sebesar Rp.5.752.700 /Ha. Sedangkan total penerimaan usahatani jagung varietas Bisi-2 adalah sebesar Rp. 10.602.000 /Ha. Sedangkan untuk pendapatan bersih petani adalah sebesar Rp. 4.719.000 /Ha. Dari hasil tersebut, peneliti dapat mengetahui nilai R/C ratio sebesar 1,8 sehingga usahatani jagung varietas Bisi-2 di Desa Bogorejo menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui besaran biaya, penerimaan, dan pendapatan usahatani jagung varietas Bisi-2. 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan usahatani jagung varietas Bisi-2.Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan dan pengalaman pada peneliti tentang penulisan skripsi yang baik dan benar, dan sebagai bekal untuk terjun dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu peneliti juga dapat mengetahui berbagai permasalahan yang di hadapi petani.
Sedangkan kerangka yang digunakan adalah dengan menganalisis total biaya, penerimaan, dan pendapatan. Sehingga peneliti dapat mengetahui nilai R/C rasio dari usahatani jagung varietas Bisi-2 di Desa Bogorejo.Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) diduga usahatani jagung varietas Bisi 2 di Desa Bogorejo Kecamatan Bogorejo menguntungkan dan terbukti matematis. 2) diduga usahatani jagung varietas Bisi-2 di Desa Bogorejo Kecamatan Bogorejo layak, hal ini terbukti dengan nilai R/C ratio sebesar 1,8. Dengan biaya input Rp 1,00 pada ushatani jagung varietas Bisi-2 akan menerima penerimaan sebesar Rp. 1,8.

Kata Kunci : Hasil Prosuksi, Jagung Varietas Bisi-2, R/C Ratio, Desa Bogorejo Kabupaten Blora

Documents: